Komponen
komputer yang sifatnya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung
atau yang berbentuk nyata.
Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras dapat dibedakan menjadi 5 sebagai berikut.
1. Alat Input
Alat input adalah
perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ke komputer.
1.1
Keyboard
Keyboard adalah perangkat input berbentuk papan ketik
yang memiliki tuts atau tombol huruf, tombol angka, tombol karakter khusus, dan
tombol fungsi. Ada beberapa jenis keyboard yang biasa kita temui, antara lain
keyboard 83 tombol, 101 tombol, 102 tombol, 104 tombol, dan 109 tombol.
Gambar
1. Keyboard
1.2 Mouse
Mouse digunakan sebagai alat untuk menunjuk dan
menjalankan perintah pada menu‐menu yang tampak pada layar monitor. Alat ini
memiliki dua tombol klik dan satu tombol scroll. Tombol kiri biasanya digunakan sebagai tombol perintah,
sedangkan tombol kanan digunakan sebagai tombol shortcut. Tombol scroll
digunakan untuk menggulung layar sehingga kita dapat berpindah halaman secara
cepat.
Gambar
2. Mouse
1.3 Scanner
Scanner adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti
gambar, foto, atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh
komputer.
Gambar
3. Scanner
1.4 Joystick
Joystick digunakan untuk memasukkan perintah pada saat
kita menjalankan game komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang
dapat kita gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian
atas.
Gambar
4. Joystick
1.5 Trackball
Trackball memiliki fungsi sama seperti joystick, yaitu
untuk memasukkan perintah pada saat kita memainkan game komputer. Pada alat ini
terdapat bola berukuran cukup besar sehingga mudah digerakkan saat bermain
game.
Gambar
5. Trackball
1.6 Barcode Reader
Barcode reader adalah alat yang bekerja seperti
scanner, yakni memindai barcode sehingga barcode tersebut dapat dibaca oleh
komputer.
Gambar
6. Barcode Reader
1.7 Microphone
Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk
suara ke dalam komputer. Dengan bantuan perangkat lunak tertentu, input suara
tersebut dapat kita edit dan kita simpan di komputer.
Gambar
7. Microphone
1.8 Touch Screen
Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan
yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui
sentuhan. Anda dapat menjumpai touch screen di tempat‐tempat umum yang
menyediakan informasi untuk umum atau di mesin ATM.
Gambar
8. Touch Screen
1.9 Kamera Digital
Kamera digital lebih mudah digunakan karena karena
tidak menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil gambar
sebanyak‐banyaknya tanpa perlu takut gagal karena gambar yang buruk dengan
mudah dapat dihapus. Di samping itu, file foto digital lebih mudah dipindah
salin ke cakram CD atau DVD.
Gambar
9. Kamera Digital
1.10 Kamera Video
Kamera video atau sering disebut camcorder adalah alat
untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film. Hasil rekaman
dapat ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat lunak khusus. Hasilnya
kemudian dapat kita salin ke cakram CD atau DVD.
Gambar
10. Kamera Video
2. Alat Proses
Proses kerja komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa
komponen. Kinerja komputer tidak
ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen.
2.1 Processor
Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah
data secara digital. Prosessor sering dijuluki otak komputer. Di Indonesia,
kita mengenal beberapa merek prosessor, diantaranya Intel, AMD (Advanced Micro
Device), PowerPC, dan Cyrix.
Gambar
11. Processor
2.2 RAM
RAM (Random Access Memory ) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang
isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam
memori. Ini berlawanan dengan sequential memory (memori urut), seperti pita
magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari memori tipe ini memaksa
komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Gambar
12. RAM
2.3 Mainboard
Mainboard merupakan papan elektronik untuk meletakkan
berbagai macam komponen komputer seperti prosessor, RAM, dan komponen lain.
Fungsi mainboard antara lain mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat
yang terpasang pada komputer.
Gambar
13. Main Board
2.4 Kartu VGA
Kartu VGA (Video Graph Array) adalah komponen komputer
yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor. Alat ini berfungsi
memproses tampilan pada layar monitor. Besar kecilnya resolusi dan ketajaman
warna yang ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh monitor juga sangat
ditentukan oleh kartu VGA.
Gambar
14. Kartu VGA
2.5 Kartu Suara
Kartu suara atau sound card adalah komponen komputer
yang berfungsi mengolah suara. Alat ini dapat digunakan sebagai alat input,
alat proses atau alat output. Kualitas suara yang dihasilkan oleh komputer
ditentukan oleh mutu kartu suara yang terdapat di dalamnya dan kualitas
speaker.
Gambar
15. Kartu Suara
3. Alat Simpan
Alat Simpan
atau storage device adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data dalam
bentuk aslinya (biner).
3.1 Hardisk
Hardisk atau hardrive adalah media penyimpanan yang
terletak di dalam kotak CPU. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur
IBM, Reynold Johnson, pada 1956. Pada saat itu hardisk terdiri dari 50 piringan
dengan ukuran 0,6 meter, memiliki kecepatan 1.200 rpm (rotation per minutes)
dan kapasitas 4,4 MB (4,4 juta byte). Kapasitas yang terbilang sangat kecil
untuk ukuran saat ini. Dari ukuran 0,6 meter menjadi hanya 0,6 centimeter, dari
kapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte atau 1 trilyun byte)
dengan kecepatan hingga 10.000 rpm. Saat ini hardisk tidak hanya ditempatkan di
dalam kotak CPU, tetapi juga dijadikan
external drive dengan koneksi USB.
Gambar
16. Hardisk/Hardrive
3.2 CD/DVD Room
CD/DVD‐ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca
cakram CD atau DVD. Pada awalnya alat ini hanya bisa membaca data saja.
Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data
pada cakram CD atau DVD.
Gambar
17. CD/DVD Room
3.3 USB Flashdisk
Media penyimpanan USB flashdisk lebih populer disebut
flashdisk. Kapasitas penyimpanan data
sebuah flashdisk cukup besar, mulai dari ratusan megabyte hingga beberapa
gigabyte. Ukuran yang kecil dan
sifatnya yang mudah dibawa membuat flashdisk menjadi peralatan wajib bagi
pengguna komputer yang harus sering memindahkan data.
Gambar
18. USB Flashdisk
3.4 Disket
Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat
daricakram magnetik lentur (floopy). Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB,
membuat disket tidak banyak lagi digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.
Gambar
19. Disket
3.5 Optical Disk
Optical disk atau CD atau DVD merupakan media
penyimpanan berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm
di tengahnya. CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu
menyimpan data hingga 4,7 GB, bahkan 17 GB.
4. Alat Ouput
Informasi yang
telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat output.
4.1 Monitor
Monitor adalah alat output utama dalam sistem komputer
yang berfungsi menampilkan perintah maupun hasil pengolahan data secara
langsung. Dewasa ini kita mengenal
dua jenis monitor, yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid
Crystal Display).
Gambar
20. Monitor
4.2 Printer
Printer adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan
data dalam bentuk cetakan. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar di pasaran, yakni printer dot
matrix, printer inkjet, dan printer laser. Ukuran kecepatan mencetak printer
biasanya dinyatakan dalam satuan cps (character per second), lpm (line per minute)
atau ppm (page per minute).
Gambar
21. Printer
4.3 Proyektor LCD
Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan
objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar
presentasi atau tembok. Ukuran kekuatan sinar yang dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya
dinyatakan dalam satuan ANSI lumens. Semakin besar ANSI lumens, semakin tinggi
pula intensitas cahaya yang dipancarkan suatu proyektor LCD.
Gambar
22. Proyektor LCD
4.4 Speaker
Speaker merupakan alat output audio. Fungsinya
mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer. Saat ini, komputer tidak
hanya berfungsi sebagai alat komputasi, namun juga menjadi media hiburan. Tidak
heran jika produk‐produk speaker aktif untuk komputer memiliki kualitas suara
yang bagus.
Gambar
23. Speaker
5. Periferal
Periferal
adalah perangkat yang ditambahkan pada komputer tetapi bukan bagian utama dari
arsitektur komputer.
5.1 Kartu Jaringan
NIC atau Network Interface Card adalah kartu jaringan yang
berfungsi menghubungkan satu komputer dengan komputer lain. Ada dua jenis kartu
jaringan, yaitu kartu jaringan yang menyatu dengan mainboard (onboard) dan
kartu jaringan yang harus ditambahkan pada slot PCI yang terdapat pada
mainboard.
Gambar
24. Kartu Jaringan
5.2 Modem
Modem berfungsi menghubungkan satu komputer ke
komputer lain atau ke Internet melalui jalur telepon. Modem yang merupakan
singkatan dari modulator demodulator mampu mengubah sinyal digital menjadi
sinyal analog dan sebaliknya. Pada umumnya, modem memiliki kecepatan 56 kbps
5.3 Hub
Hub atau disebut juga switch hub adalah sebuah alat yang
digunakan sebagai terminal jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP. Jumlah
port yang dimiliki hub bervariasi, mulai dari 8, 12, 16, 24 hingga 32 port.
Semakin banyak port yang dimiliki suatu hub, semakin banyak pula komputer yang
dapat dihubungkannya.
Gambar
25. Hub
5.4 UPS
UPS atau Uninterupted Power Supply adalah sebuah alat
yang berfungsi memberikan tenaga listrik cadangan pada saat listrik PLN
tiba‐tiba padam. Dengan
UPS, komputer masih akan tetap hidup selama beberapa saat ketika listrik padam
sehingga kita berkesempatan menyimpan file dan
mematikan komputer melalui prosedur yang benar.
Gambar
26. UPS
Source
No comments:
Post a Comment